DISUSUN OLEH : NURMAULIDYA MARHAYADI
NPM : 15116594
KELAS : 2KA01
I.
PEMBUKAAN
Perkembangan teknologi saat ini sangatlah terlihat. Dimana
setiap gperkembangan kehidupan ini sangat dipengaruhi oleh adannya informasi
yang kemudian informasi itu dapat diperoleh melalui ilmu pengetahuan dan
teknologi.
Komputer merupakan salah satu teknologi yang paling pesat
perkembangannya. Pada saat pertama kali ditemukan, komputer digunakan terutama
sebagai alat bantu untuk menghitung. Komputer dari generasi ke
generasi mengalami perkembangan dalam hal pengolahan data baik kapasitas maupun
kecepatannya. Data yang diolah tidak hanya berupa teks atau angka, tapi kini
komputer dapat mengolah gambar/grafika.
Pada
umumnya, grafik pada setiap orang didefinisikan sebagai sebuah diagram.
Padahal, grafik tidak harus berbentuk diagram. Grafik dapat dibuat dengan cara
apapun termasuk dengan menggunakan komputer. Grafik juga dapat berupa gambar
visual yang terdapat di applikasi manapun.
Begitu
juga dengan pengertian citra. Citra disini bukan berarti suatu kehormatan atau
pencitraan. Tetapi, citra yang dimaksud adalah sebuah citra penglihatan secara
visual seperti mata, manusia, scanner, dll.
Grafik
komputer merupakan bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan
atau pemanipulasian gambar (visual). Bentuk sederhana-nya adalah grafik
komputer 2D yang berkembang menjadi 3D, pemrosesan citra, dan pengelolaan pola.
Grafik komputer sering disebut juga dengan visualisasi data.
Pengolahan Citra merupakan proses
memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau
komputer. Teknik pengolahan citra dilakukan dengan mentrasformasikan citra
menjadi citra lain, misalnya: pemampatan citra.
II.
ISI
Penerapan
grafik komputer dalam kehidupan sehari-hari yaitu:
1.
Bidang hiburan Contoh penerapan dalam bidang hiburan, yaitu
terdapat pada film,grafik komputer yang menghasilkan efek animasi. Banyak film
yang menggunakan Teknik ini, agar tercapai sebuah film dengan efek efek yang
mengagumkan.
2.
Grafik komputer
pada bidang pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa
secara nyata, agar siswa dapat memahami lebih jelas materi yang disampaikan.
Contohnya yaitu dengan melalui power point ataupun software lainnya yang
mendukung.
3.
Computer art adalah
penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasilnya yaitu berupa
kartun, foto, layout media cetak, logo, desain interior atau eksterior, dll. Contohnya yaitu dengan applikasi Adobe
Photoshop, Corel Painter.
4.
Video game adalah
permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan feedback yang berupa
visualisasi pada perangkat video. Banyak contoh applikasi dari yang sederhana seperti
2 dimensi, hingga yang rumit, 3 dimensi. Dan ada yang memerlukan resource
banyak, seperti game sepakbola.
5.
CAD adalah alat berbasis
komputer yang digunakan untuk proses analisis dam desain, khusunya untuk sistem
arsitektural dan engineering. CAD digunakan untuk mendesain bagunan, mobil,
pesawat, komputer, alat-alat elektronik, dll.
6.
CASE mirip dengan
CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan Dalam
memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis,
struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power
Designer.
7. Virtual Reality
adalah lingkungan virtual yang solah nyata di mana user dapat Berinteraksi
dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras
khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user
beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan. Contoh: aplikasi VR.
8. Visualisasi Data
adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk
Mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif dalam
mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun nyata sejak permulaan
manusia. Contoh: visualisasi dari struktur protein, strutur suatu website,
visualisasi hasil data mining.
Sedangkan berdasarkan tujuan transformasi operasi pengolahan
citra dikategorikan sebagai berikut :
· Perbaikan
kualitas citra (image enchacement) tujuan memperbaiki kualitas
citra dengan memanipulasi parameter-parameter citra.
· Pemugaran
citra (image restoration) tujuan menghilangkan cacat pada
citra. Dengan hal ini penyebab degradasi citra diketahui.
· Pemampatan
citra (image compression) tujuan citra direpresentasikan dalam
bentuk lebih kompak, sehingga dapat mempertahankan kualitas gambar dengan
memori yang lebih sedikit (misalnya .BMP menjadi .JPEG).
· Segmentasi
citra (image segmentation) tuuan memecah sutu citra ke dalam
beberapa segmen dengan suatu criteria tertentu.
· Analisis citra (image
analysis) tujuan menghitung besaran kuantitatif dari citra untuk
menghasilkan deskripsinya.
· Rekontruksi
citra (image reconstruction) tujuan membentuk ulang objek dari
beberapa citra hasil proyeksi.
III.
Penutup
Grafika komputer berbeda dengan pengolahan citra. Pengolahan
citra memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia/mesin
(komputer). Sedangkan grafik komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang
berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital
menggunakan komputer. Untuk penjelasan lebih detailnya:
Pengolahan citra
- Berorientasi pixel
- Mengolah data citra untuk
mendapatkan interpretasi 2D/3D
- Menitik beratkan pada
manipulasi citra sesuai dengan keperluan user
Grafik komputer
- Berorientasi vektor
- Menggunakan model 2D/3D hasil
realistic
- Cenderung mempelajari konsep
dan implementasi metode untuk pembangkitan citra/animasi (2D/3D)
IV.
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar